Minggu, 26 November 2017

Minggu Beropini : Nikah Muda

Hasil gambar untuk menikah


Beberapa tahun ini nggak bisa dipungkiri kalau fenomena nikah muda lagi hits-hits nya. Banyak selebgram yang berhijrah dan memutuskan untuk menikah di usia muda. Memang dalam agama Islam diharamkan seorang lelaki dan perempuan memiliki hubungan 'spesial' diluar nikah karena ditakutkan akan mendekati zina. Namun sayangnya, larangan berpacaran dan anjuran untuk menghalalkan malah disalahgunakan. Jujur, aku sendiri nggak serta merta setuju dengan pendapat mending nikah muda daripada maksiat. Well, menurut aku menikah bukan masalah pendapat 'untuk menghindari maksiat', atau karena alasan biar bisa pacaran yang 'halal' dan bisa ena-ena gitu. Menikah itu tentang menyatukan kedua keluarga, siap menerima kekurangan masing-masing, mampu mencari solusi bersama atas masalah yang ada dan yang pasti siap menjadi orang tua yg baik bagi anak-anaknya. Buat aku nikah bukan melulu dengan alasan biar pacarannya 'HALAL' tapi tentang kesiapan mental kita menjadi satu keluarga, menjadi rumah saat pasangan kita sedang tertimpa masalah, menjadi pelindung aib pasangan kita dan yang pasti menerima dia dengan apa adanya. Tapi, fenomena yang ada saat ini tuh justru kebalikannya. Mereka beromba-lomba buat menikah muda tanpa ada kesiapan 'MENTAL' yang matang, alhasil pas ada masalah, mereka langsung terguncang dan membuka aib pasangan. Kayak gini nih aku nggak sukanya, mereka berdalih hijrah dan sanggup menikah muda tapi ujung-ujungnya labil kayak ABG, la terus apa bedanya sama yg nggak menikah muda? mending ditahan dulu deh nafsunya... kita bisa banget lo explore potensi kita saat masa muda, karena yaaa kreatif-kreatifnya umur tuh ya pas masih muda. Muda disini buat aku rentang usia belasan sampe 20 an ya gaes, 24-25 udah masuk usia yang matang dan produktif.
Baru-baru ini ada nih, seorang selebgram kali ya karena aku bingung dianya juga bukan artis hehe. Nah, si mba nya ini masih usia 18 tahun dan suaminya 20 tahun (tetep aja tuaan aku wkw), nah mereka memutuskan untuk nikah muda. Singkatnya nih, si mba nya baru aja hijrah dan masnya keliatan shalih banget orangnya. Suatu hari mereka ada masalah rumah tangga (gatau masalah apaan) yang akhirnya membuat mba nya curhat di medsos dengan kata-kata pedes seakan membuka aib si pasangannya. Nah, begini nih kalo belum siap mental akhirnya masalah rumah tangga diumbar-umbar. Meskipun mereka udah akur lagi, tapi agak gak respect sih sama mereka pada akhirnya. 
Buat aku menikah bukan cepet-cepetan gaes, tapi siapa sih yang nggak pengen menikah. Well, tunggu dulu... sebelum nikah siapin mentalnya dulu ya gengs,biar nggak labil dan gampang kegoncang kayak contoh diatas. Nikah muda tuh baik kok asal dua-duanya sama-sama NGERTI dan MENTAL nya siap., tapi kalo belum siap apa ya harus dipaksakan biar dapet embel embel 'eh gue nikah muda nih!"
Yaudahlah sekian aja opini minggu ini, keep istiqomah ya dalam menjemput takdirmu kelak (eaaa) hehe. Wassalam

Jumat, 17 November 2017

Friendship


Gambar terkait

Assalamualaikum, eheee. Ceritanya barusan nonton bareng temen-temen nih, nonton film Posesif. Filmnya recommended kok, bagus dan artistik, tapi.... bikin baper eheheh karena jadi inget mantan *eh. Yaudahlah ya sekarang lagi nggak pengen bahas film Posesif, nggak pengen juga bahas berita belut nabrak tiang listrik heheheh.
Jadi ceritanya sekarang lagi males mau tidur, pengen nulis dulu sambil dengerin live kompas tv tentang kesehatan 'PAPAH SETNOV' gaes. Pengen sedikit share aja tentang 'friendship' saat aku kuliah. Im totally thankful ketika aku bertemu teman-teman aku saat kuliah khususnya saat kuliah di FK. Mungkin kalian pikir kita kolot, sukanya belajar aja dan nggak asyik, tapi buat aku temen-temen di lingkungan ini yang bisa ngajarin aku banyak hal. Mereka adalah tipe-tipe orang yang bisa menempatkan diri saat mereka bicara dan bertindak. Jujur, aku bukan tipe cewek kolot yang cuma temenan sama cewek aja karena aku juga punya banyak temen cowok. Buat aku temenan baik sama cewek dan cowok itu nggak ada beda, asalkan mereka orang-orang yang baik dan mampu ngebuat kita jadi orang baik juga so why not. Btw yang aku suka dari lingkungan pertemanan di kampus aku adalah mereka banyak yg religius yang mana bisa ngajak aku buat ikut kajian bareng, selalu jamaah bareng, selalu mengingatkan shalat tepat waktu... dan aku merasa lingkungan kayak gini yang nggak aku dapetin di tempat lain. Selain itu, temen-temen cewek aku mayoritas adalah temen-temen yang sangat baik, mau ngebantu temennya dan mau gotong royong banget. Contohnya saat kerja kelompok, kita pasti akan sharing dan ngerjain bareng (mayoritas sih gini tapi ada juga anak-anak yg iindividual ehehe). Kalo cowoknya... mereka cowok-cowok yang baik. Jujur bukan karena aku pengen bagus2in temen2 cowok aku.. bukan. Ada juga sih yang rese tapi banyak juga yang peduli. Mereka emang bukan tipe cowok peka tapi mereka selalu mau belajar buat jadi lebih baik, dan juga pendengar yang setia. Terlebih yang aku suka adalah, cara bicara temen-temen di lingkungan aku yang sangat sopan maksudnya mampu menempatkan diri. Mereka akan bercanda ketika waktunya bercanda, dan akan serius ketika kita lagi serius. Mereka tipe orang pekerja keras, yang totalitas di organisasi, akademik maupun hubungan pertemanan. So... i really love them, my 2nd family, dengan segala kekurangan dan kelebihan kalian... sejauh ini kalian teman-teman yang baik yang bisa membawa aku jadi pribadi yang lebih baik. Thanks God you've sent me on this kind of place, when im totally surrounded by good people who always care, and love me as their friend. :)


Minggu, 05 November 2017

Bromo

Not every place has their deep meaning inside my heart but Bromo. This mountain always amazed me till now. In 2015 i decided to go this mountain with my family. Exactly, im the one who excited the most. I went to Bromo by car and started our journey at 01.00 am from Problinggo. The same as other mountain, Bromo has a cold temperature that can make your body feel freeze. And,.. also i cant describe how beautiful Bromo is, absoulutely beyond beautiful. Its atmosphere, its cold, its sunrise, its savanna, its sea of sand was sooooo worth to miss. I really miss you Bromo :)